Cara Mudah Mencari Jurnal Nasional dan Internasional Untuk Skripsi

cara mencari jurnal nasional gratis

Bazaman.com - Dimana kita bisa mencari jurnal? dan aplikasi apa untuk mencari jurnal?, sebagai seorang pelajar atau mahasiswa mungkin jurnal sudah tidak asing lagi. Karena hampir setiap tugas makalah harian kita sangat terbantu dengan adanya jurnal selain itu, biasanya jurnal lebih mudah diakses dan lebih cepat serta praktis.

Jurnal juga akan sangat berguna bagi anda yang saat ini sedang membuat penelitian, skripsi ataupun tugas akhir. Karena kita bisa menjadikan jurnal tersebut sebagai salah satu pilihan referensi dalam penelitian, berikut panduan lengkap mencari jurnal

Apa Itu Jurnal

Jurnal /jur·nal/ adalah salah satu bentuk publikasi ilmiah yang berisi kumpulan artikel yang ditulis oleh para peneliti, akademisi, atau praktisi di bidang tertentu. Artikel-artikel yang dimuat dalam jurnal biasanya berisi hasil penelitian, kajian, atau analisis yang telah melalui proses penelaahan oleh tim editor dan reviewer yang ahli di bidangnya. Tujuan dari jurnal adalah untuk menyebarluaskan informasi ilmiah yang bermanfaat dan terpercaya kepada komunitas ilmiah dan masyarakat luas.

Jurnal dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan kriteria tertentu, seperti bidang keilmuan, tingkat kualitas, media penerbitan, atau frekuensi terbit. Berikut adalah beberapa jenis jurnal yang umum dikenal:

  1. Jurnal ilmiah

    Jurnal yang memuat artikel-artikel yang bersifat ilmiah, yaitu berdasarkan metode ilmiah, data empiris, dan analisis logis. Jurnal ilmiah biasanya memiliki standar kualitas yang tinggi dan ditujukan untuk komunitas ilmiah. Contoh jurnal ilmiah adalah Jurnal Teknologi Informasi, Jurnal Keperawatan Indonesia, atau [Jurnal Ekonomi dan Bisnis].

  2. Jurnal non-ilmiah

    Jurnal yang memuat artikel-artikel yang bersifat populer, yaitu berdasarkan opini, pengalaman, atau gaya bahasa yang menarik. Jurnal non-ilmiah biasanya memiliki standar kualitas yang rendah dan ditujukan untuk masyarakat umum. Contoh jurnal non-ilmiah adalah [Jurnal Hobi], [Jurnal Kesehatan], atau [Jurnal Traveling].

  3. Jurnal internasional

    Jurnal yang memuat artikel-artikel yang ditulis dalam bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris, dan diterbitkan oleh penerbit internasional. Jurnal internasional biasanya memiliki reputasi dan pengaruh yang tinggi di dunia akademik. Contoh jurnal internasional adalah [Nature], [Science], atau [The Lancet].

  4. Jurnal nasional

    Jurnal yang memuat artikel-artikel yang ditulis dalam bahasa nasional, yaitu bahasa Indonesia, dan diterbitkan oleh penerbit nasional. Jurnal nasional biasanya memiliki reputasi dan pengaruh yang rendah di dunia akademik. Contoh jurnal nasional adalah [Mimbar Hukum], [Jurnal Pendidikan Matematika], atau [Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia].

  5. Jurnal terakreditasi

    Jurnal yang telah mendapatkan pengakuan dari lembaga resmi, seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, sebagai jurnal berkualitas. Jurnal terakreditasi biasanya memiliki indeks Sinta (Science and Technology Index) yang menunjukkan tingkat kualitasnya. Contoh jurnal terakreditasi adalah [Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika], [Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan], atau [Jurnal Agritech].

  6. Jurnal online

    Jurnal yang memuat artikel-artikel yang diterbitkan secara online melalui internet. Jurnal online biasanya memiliki akses yang mudah dan cepat bagi pembaca. Contoh jurnal online adalah [E-Journal Universitas Negeri Malang], [E-Journal Universitas Gadjah Mada], atau [E-Journal Universitas Indonesia].

Perbedaan Jurnal dan Artikel

Jika Anda sering mencari informasi di internet, mungkin Anda pernah menemukan dua jenis tulisan yang berbeda, yaitu artikel dan jurnal. Apa perbedaan antara keduanya? Dan bagaimana cara membedakannya?

Artikel adalah tulisan yang berisi informasi, opini, atau analisis tentang suatu topik tertentu. Artikel biasanya ditulis dengan gaya bahasa yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca. Artikel dapat ditemukan di berbagai media, seperti blog, majalah, surat kabar, atau website.

Jurnal adalah tulisan yang berisi hasil penelitian, kajian, atau tinjauan ilmiah tentang suatu bidang keilmuan tertentu. Jurnal biasanya ditulis dengan gaya bahasa yang formal dan mengikuti format tertentu. Jurnal dapat ditemukan di forum ilmiah, portal khusus, atau Google Scholar.

Perbedaan antara artikel dan jurnal dapat dilihat dari beberapa aspek, seperti isi, tujuan, sumber, penulis, publikasi, dan kualitas. Berikut adalah beberapa perbedaan artikel dan jurnal:

Perbedaan Artikel Jurnal
Isi rtikel memuat informasi yang bersifat umum, populer, atau aktual. Jurnal memuat informasi yang bersifat spesifik, akademik, atau ilmiah.
Tujuan Artikel bertujuan untuk memberikan informasi, hiburan, atau persuasi kepada pembaca. Jurnal bertujuan untuk memberikan kontribusi, solusi, atau referensi kepada komunitas ilmiah.
Sumber Artikel dapat menggunakan sumber yang berasal dari opini, pengalaman, wawancara, buku, atau jurnal Jurnal harus menggunakan sumber yang berasal dari teori, data empiris, atau jurnal lain yang terpercaya.
Penulis Artikel dapat ditulis oleh siapa saja yang memiliki minat atau keahlian tentang topik tertentu. Jurnal harus ditulis oleh peneliti, akademisi, atau praktisi yang memiliki latar belakang ilmiah yang sesuai dengan bidang keilmuan.
Publikasi Artikel dapat dipublikasikan secara mandiri melalui media online atau offline. Jurnal harus dipublikasikan melalui lembaga resmi yang memiliki standar kualitas dan proses penelaahan yang ketat.
Kualitas Artikel dapat memiliki kualitas yang bervariasi tergantung pada sumber, gaya bahasa, dan struktur tulisan. Jurnal harus memiliki kualitas yang tinggi tergantung pada metode penelitian, analisis data, dan kesimpulan.

Rekomendasi Situs Gratis Mencari Jurnal

Berikut kami tampilkan beberapa rekomendasi situs mencari jurnal internasional dan nasional yang mudah diakses beserta linknya

  1. Sciencedirect.com

    SciendirectSitus ini adalah salah satu situs penyedia jurnal ilmiah internasional terbesar dan terpopuler di dunia. Situs ini dimiliki oleh Elsevier, sebuah perusahaan penerbitan akademik ternama. Situs ini menyediakan lebih dari 3.800 jurnal ilmiah dari berbagai bidang ilmu, seperti sains, teknologi, kedokteran, sosial, dan humaniora. Kamu bisa mencari jurnal ilmiah sesuai dengan kata kunci, judul, penulis, atau subjek yang kamu inginkan. Beberapa jurnal ilmiah di situs ini bersifat gratis, namun ada juga yang berbayar.

  2. Doaj.org

    Doaj.org Situs ini adalah situs yang menyediakan direktori jurnal ilmiah open access, yaitu jurnal ilmiah yang bisa diakses secara gratis dan bebas oleh siapa saja tanpa batasan. Situs ini berisi lebih dari 15.000 jurnal ilmiah dari 134 negara dan 75 bahasa. Kamu bisa mencari jurnal ilmiah sesuai dengan bidang ilmu, judul, ISSN, atau kata kunci yang kamu inginkan.

  3. Researchgate.net

    Researchgate.net Situs ini adalah situs jejaring sosial untuk para peneliti dan akademisi di seluruh dunia. Situs ini memungkinkan kamu untuk membuat profil peneliti, berbagi publikasi ilmiah, mengikuti peneliti lain, dan berdiskusi tentang topik-topik penelitian. Kamu juga bisa mencari jurnal ilmiah dari berbagai bidang ilmu di situs ini. Beberapa peneliti bahkan menyediakan full-text atau versi lengkap dari publikasi mereka secara gratis.

  4. Google Scholar

    Google Scholar Situs ini adalah situs mesin pencari khusus untuk sumber informasi akademik, termasuk jurnal ilmiah. Situs ini memungkinkan kamu untuk mencari jurnal ilmiah dari berbagai situs web secara cepat dan mudah. Kamu bisa mencari jurnal ilmiah sesuai dengan kata kunci, judul, penulis, atau tahun terbit yang kamu inginkan. Situs ini juga menampilkan jumlah kutipan, indeks h, dan metrik lainnya yang bisa membantu kamu menilai kualitas dan dampak jurnal ilmiah yang kamu cari.

  5. Academia.edu

    Academia.eduSitus ini adalah situs yang mirip dengan Researchgate, yaitu situs jejaring sosial untuk para peneliti dan akademisi. Situs ini memungkinkan kamu untuk membuat profil peneliti, berbagi publikasi ilmiah, mengikuti peneliti lain, dan berdiskusi tentang topik-topik penelitian. Kamu juga bisa mencari jurnal ilmiah dari berbagai bidang ilmu di situs ini. Beberapa peneliti bahkan menyediakan full-text atau versi lengkap dari publikasi mereka secara gratis

jadi itu dia beberapa tips menarik rekomendasi situs web tempat mendowload dan mencari jurnal nasional maupun internasional dengan mudah, sehingga kita dapat menggunakan jurnal ataupun artikel tersebut sebagai referensi utama membuat berbagai tulisan, misalnya membuat skripsi, tugas dan lainnya, atau kamu yang suka menulis konten blog bisa menjadikan jurnal sebagai referensi membuat artikel SEO yang bagus dan terpercaya
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Tanyakan pertanyaan apapun Bazaman AI akan menjawabnya dengan bantuan Gemini dari Google. Temukan jawaban dari pertanyaanmu disini